Diprediksi Indonesia Jadi Negara Terakhir Bebas Pandemi

Indonesia menjadi perbincangan di prediksi akan menjadi negara terakhir yang akan bebas dari kasus covid-19. Hal ini dapat di lihat dari kasus yang semakin hari belum ada titik terang akan surutnya penularan virus ini.

Baca juga : Rekomendasi Film Pendek Menarik di Netflix

Epidemiolog Kampus Griffith Australia Dicky Budiman, membenarkan prediksi yang menyebutkan Indonesia jadi salah satu negara terakhir yang berhasil ke luar dari krisis pandemi Covid-19.

Prediksi tersebut menurut Dicky, cukup logis bila di lihat dari situasi pandemi Covid-19 yang kini berlangsung di Indonesia.

Bagi Dicky, hanya negara yang sejak awal konsentrasi dengan bagian kesehatan saja yang mampu ke luar dari pandemi Covid-19 lebih awal. Karena negara yang concern dengan kesehatan sejak awal, tak memiliki kebutuhan lain tidak hanya mementingkan kesehatan masyarakat negaranya.

“Logisnya dan benar dalam kaitan situasi akhir pandemi ini, negara yang konsentrasi dengan kesehatan ya tentu sudah lebih lalu dia startnya ya,” jelas Dicky, Rabu (28/7/2021).

Ihwal pengendalian Covid-19, kata Dicky, ada banyak negara yang sejak awal pandemi memang lah konsentrasi pada kesehatan bukan melulu urusan ekonomi dan politiknya.

Menurut dia negara-negara itu dianggap cukup mampu dengan cara ekonomi, sehingga penerapan sistem penguncian (lockdown) buat menekan angka penularan corona class=”linkparagraph”>virus corona pun tidak terlampaui mempengaruhi kondisi perekonomian mereka.

“Dan ini (mereka) bukan dari sekarang (mulai konsentrasi untuk kesehatan masyarakatnya), dari awal, jadi startnya dia sudah sangat jauh di depan,” kata Dicky.

Dicky lalu membandingkan dengan penangan Covid-19 di Indonesia yang dinilainya masuk jenis negara yang masih belum dapat buat mengaplikasikan lockdown keseluruhan atau konsentrasi pada kesehatan masyarakat.

“Kita termasuk juga negara yang di belakang, maka wajar bila bakal terakhir ke luar dari situasi pandemi ini,” jelas Dicky.

Belakangan, argumentasi Dicky tersebut mendapat tanggapan dari Juru Berbicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito.

Wiku membantah bahwa keperluan politik dan ekonomi jadi basic pengambilan ketentuan terkait penanganan Covid-19. Selama ini, kata dia, dalam membawa kebijakan pemerintah senantiasa berkaca pada kasus dan prediksi.

“Jadi bukan hanya kesepakatan antar kementerian atau lembaga tetapi juga situasi realnya,” ujarnya dilansir dari Tribunnews, Kamis (29/7/2021).

Tidak hanya itu, kata Wiku, mesti didapati kondisi Covid-19 di tingkat global juga dinamis. Maka kebijakan yang berubah-ubah tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Kalau tidak dilakukan penyesuaian maka dampak negatif yang disebabkan dapat lebih besar,” jelas Wiku.

Source : https://www.kompas.tv/article/196878/indonesia-diprediksi-jadi-negara-terakhir-bebas-dari-pandemi-ini-alasannya?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *