Terdeteksi Varian Baru Virus Corona Di India

NewsG – Virus corona di India telah terdeteksi akan jenis varian baru yang berpotensi mengganggu pada Rabu (24/3/2021). Varian baru ini berbeda dengan jenis varian baru virus corona lain yang sebelumnya telah ada terdeteksi di Inggris, Afrika Selatan dan Brasil.

Tetapi, Kementerian Kesehatan India dan banyaknya pakar memperingatkan biar tidak menghubungkan varian baru virus ini dengan lonjakan kasus penularan baru yang tengah melanda India.

Kasus penularan virus corona di India sudah menurun drastis sejak September lalu, dan kehidupan mulai berangsur berjalan normal di negara ini. Namun, di bulan lalu, kasus penularan baru kembali melonjak dan lebih dari 47.000 penularan baru terdeteksi selama 24 jam terakhir. Lonjakan ini disertai angka kematian sebanyak 275 jiwa, angka kematian tertinggi dalam sehari selama lebih dari 4 bulan.

Virus corona telah bermutasi di saat selama pandemi berlangsung. Sebagian besar mutasi terbilang remeh dan tak berbahaya, namun para ilmuwan telah menyelidiki varian mana yang lebih mudah menyebarkan virus atau membuat orang menjadi lebih sakit.

Tiga varian virus yang mula kali terdeteksi di Afrika Selatan, Inggris dan Brasil dianggap sebagai varian yang paling mengkhawatirkan. Ketiga varian virus itu ditemukan dalam 7% di hampir 11.000 sampel di India sejak 30 Desember 2020. Varian yang paling menyebar luas merupakan varian yang lebih menular yang terdeteksi di Inggris tahun lalu.

“Varian baru yang diteliti di India memiliki 2 mutasi di bagian protein yang runcing yang dipakai virus untuk mengikatkan dirinya ke sel,” kata Dr. Rakesh Mishra, direktur Pusat Biologi Sel dan Molekuler, salah satu institut penelitian yang meneliti virus.

Source : https://www.kompas.tv/article/158272/awas-varian-baru-virus-corona-terdeteksi-di-india

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *